“TERWUJUDNYA PESERTA DIDIK YANG SANTUN, MANDIRI, AGAMIS,
RASIONAL, TERAMPIL (SMART)”
----------------------------------
VISI
Berdasarkan visi di
atas, dirumuskan beberapa indikator capaian visi sebagai berikut:
1.
SANTUN
a.
Bersikap sopan,
jujur dalam ucapan dan tindakan.
b.
Menjunjung
tinggi nillai-nilai kebenaran
c.
Memiliki
budi pekerti luhur
d.
Menghormati,
menyayangi, dan peduli terhadap sesama
2.
MANDIRI
a.
Memiliki jiwa mandiri, rasa percya diri, dan bertanggung
jawab
b.
Bergerak dinamis sebagai agen perubahan (agent
of change) yang berkarakter Islami
3.
AGAMIS
a.
Beriman dan
bertakwa kepada Alloh SWT
b.
Menjalankan syariat
Islam dalam setiap sendi kehidupan
c.
Berakhlak mulia
yang terdiri dari akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak bernegara
4.
RASIONAL
a.
Berpikir dan bertindak rasional, logis, kritis
b.
Proses pembelajaran aktif, kreatif, partisipatif, dan
apresiatif
c.
Kemampuan berpikir tingkat tinggi (High Thinking Order
Skill)
5.
TERAMPIL
a.
Unggul dalam proses pembelajaran akademis dan non-akademis
b.
Mampu
mengantisipasi pesatnya perkembangan di era globalisasi
c.
Kreatif dan Inovatif
----------------------------------
MISI
1. Menumbuhkembangkan
pribadi jujur dan santun sebagai karakter utama dalam perilaku dan tindakan
dalam kehidupan sehari-hari
Representasi dari:
·
Visi: Santun
·
Elemen Profil
Pelajar Pancasila: Beriman, bertakwa
kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia
·
Nilai Profil
Pelajar Rahmatan Lil ‘alamin: Keteladanan (qudwah), Lurus dan tegas (I’tidāl),
2. Membentuk pribadi yang berbudipekerti luhur, menghormati,
menyayangi, dan memiliki kepedulian terhadap sesama manusia dan lingkungan
sekitar
Representasi dari:
·
Visi: Santun
·
Elemen Profil
Pelajar Pancasila: Beriman, bertakwa
kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia
·
Nilai Profil
Pelajar Rahmatan Lil ‘alamin: Keteladanan (qudwah), Lurus dan tegas (I’tidāl), Musyawarah (syūra),
Representasi dari:
·
Visi: Mandiri
·
Elemen Profil
Pelajar Pancasila: Mandiri
·
Nilai Profil
Pelajar Rahmatan Lil ‘alamin: Berkeadaban
(ta’addub), Berimbang (tawāzun), Mengambil
jalan tengah (tawassuṭ)
4. Memiliki daya saing dan menjadi agen perubahan
bagi lingkungan sekitar, bangsa dan negara menuju ke arah yang lebih baik
dengan mencerminkan karakter Islami
Representasi
dari:
·
Visi: Mandiri
·
Elemen Profil
Pelajar Pancasila: Mandiri
·
Nilai Profil
Pelajar Rahmatan Lil ‘alamin: Berkeadaban
(ta’addub), Berimbang (tawāzun), Kewarganegaraan dan kebangsaan (muwaṭanah)
5. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama sesuai Al Quran dan Sunah sehingga dapat
menumbuhkan perilaku agamis sebagai bekal kehidupan dunia dan akhirat
Representasi
dari:
·
Visi: Agamis
·
Elemen Profil
Pelajar Pancasila: Beriman, bertakwa
kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia
·
Nilai Profil
Pelajar Rahmatan Lil ‘alamin: Berkeadaban
(ta’addub), Berimbang (tawāzun), Mengambil
jalan tengah (tawassuṭ)
6. Menciptakan
generasi yang berkahlak mulia bagi diri sendiri, masyarakat, agama, bangsa dan
negara
Representasi
dari:
·
Visi: Agamis
·
Elemen Profil
Pelajar Pancasila: Beriman, bertakwa
kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia
·
Nilai Profil
Pelajar Rahmatan Lil ‘alamin: Berkeadaban
(ta’addub), Kewarganegaraan dan kebangsaan (muwaṭanah)
7. Membudayakan berpikir dan bertindak
rasional, logis, kritis melalui penguatan proses pembelajaran partisipatif,
aktif, kreatif dengan mengintegrasikan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
Representasi
dari:
·
Visi: Rasional
·
Elemen Profil
Pelajar Pancasila: Bernalar Kritis, Kreatif
·
Nilai Profil
Pelajar Rahmatan Lil ‘alamin: Lurus dan tegas (I’tidāl)
8. Membina
warga madrasah yang unggul dalam prestasi akademik dan non akademik
Representasi
dari:
·
Visi: Terampil
·
Elemen Profil
Pelajar Pancasila: Berkebinekaan
Global, Mandiri, Kreatif
·
Nilai Profil
Pelajar Rahmatan Lil ‘alamin: Keteladanan (qudwah), Dinamis dan inovatif (tathawwur wa ibtikâr)
9. Mencetak
sumber daya manusia yang kreatif, inovatif, memiliki
keterampilan dan berdaya guna
melalui IPTEK sebagai bekal untuk
berkompetisi di era globalisasi
Representasi dari:
·
Visi: Terampil
·
Elemen Profil
Pelajar Pancasila: Berkebinekaan
Global, Mandiri, Kreatif
· Nilai Profil Pelajar
Rahmatan Lil ‘alamin: Keteladanan (qudwah), Dinamis dan inovatif (tathawwur wa ibtikâr)
Posting Komentar
Berikan komentar yang membangun.
Terimakasih!