SELAMAT DATANG DI WEB BLOG MA AL-FALAAHIYAH | INFO: Menu Cetak Kartu Siswa Online Telah dibuka

VISI MISI




 “TERWUJUDNYA PESERTA DIDIK YANG SANTUN, MANDIRI, AGAMIS,
RASIONAL, TERAMPIL (SMART)”

----------------------------------

VISI

Berdasarkan visi di atas, dirumuskan beberapa indikator capaian visi sebagai berikut:

1.    SANTUN

a.       Bersikap sopan, jujur dalam ucapan dan tindakan.

b.      Menjunjung tinggi nillai-nilai kebenaran

c.       Memiliki budi pekerti luhur

d.      Menghormati, menyayangi, dan peduli terhadap sesama

 

2.      MANDIRI

a.       Memiliki jiwa mandiri, rasa percya diri, dan bertanggung jawab

b.       Bergerak dinamis sebagai agen perubahan (agent of change) yang berkarakter Islami

 

3.    AGAMIS

a.       Beriman dan bertakwa kepada Alloh SWT

b.      Menjalankan syariat Islam dalam setiap sendi kehidupan

c.       Berakhlak mulia yang terdiri dari akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak bernegara

 

4.    RASIONAL

a.       Berpikir dan bertindak rasional, logis, kritis

b.      Proses pembelajaran aktif, kreatif, partisipatif, dan apresiatif

c.       Kemampuan berpikir tingkat tinggi (High Thinking Order Skill)

 

5.    TERAMPIL

a.       Unggul dalam proses pembelajaran akademis dan non-akademis

b.       Mampu mengantisipasi pesatnya perkembangan di era globalisasi

c.       Kreatif dan Inovatif

 ----------------------------------

MISI

1.  Menumbuhkembangkan pribadi jujur dan santun sebagai karakter utama dalam perilaku dan tindakan dalam kehidupan sehari-hari

Representasi dari:

·      Visi: Santun

·      Elemen Profil Pelajar Pancasila: Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

·      Nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘alamin:   Keteladanan (qudwah), Lurus dan tegas (I’tidāl),

 

2.  Membentuk pribadi yang berbudipekerti luhur, menghormati, menyayangi, dan memiliki kepedulian terhadap sesama manusia dan lingkungan sekitar

Representasi dari:

·      Visi: Santun

·      Elemen Profil Pelajar Pancasila: Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

·      Nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘alamin:   Keteladanan (qudwah), Lurus dan tegas (I’tidāl), Musyawarah (syūra),

 

3.   Mencetak peserta didik yang memiliki kepercayaan diri, mampu berinisiatif, bertanggung jawab, dan mampu mengambil keputusan

Representasi dari:

·      Visi: Mandiri

·      Elemen Profil Pelajar Pancasila: Mandiri

·      Nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘alamin: Berkeadaban (ta’addub), Berimbang (tawāzun), Mengambil jalan tengah (tawassuṭ)

4.  Memiliki daya saing dan menjadi agen perubahan bagi lingkungan sekitar, bangsa dan negara menuju ke arah yang lebih baik dengan mencerminkan karakter Islami

Representasi dari:

·      Visi: Mandiri

·      Elemen Profil Pelajar Pancasila: Mandiri

·      Nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘alamin: Berkeadaban (ta’addub), Berimbang (tawāzun), Kewarganegaraan dan kebangsaan (muwaṭanah)

 

5. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama sesuai Al Quran dan Sunah sehingga dapat menumbuhkan perilaku agamis sebagai bekal kehidupan dunia dan akhirat

Representasi dari:

·      Visi: Agamis

·      Elemen Profil Pelajar Pancasila: Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

·      Nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘alamin: Berkeadaban (ta’addub), Berimbang (tawāzun), Mengambil jalan tengah (tawassuṭ)

 

6.   Menciptakan generasi yang berkahlak mulia bagi diri sendiri, masyarakat, agama, bangsa dan negara

Representasi dari:

·      Visi: Agamis

·      Elemen Profil Pelajar Pancasila: Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

·      Nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘alamin: Berkeadaban (ta’addub), Kewarganegaraan dan kebangsaan (muwaṭanah)

 

7.   Membudayakan berpikir dan bertindak rasional, logis, kritis melalui penguatan proses pembelajaran partisipatif, aktif, kreatif dengan mengintegrasikan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Representasi dari:

·      Visi: Rasional

·      Elemen Profil Pelajar Pancasila: Bernalar Kritis, Kreatif

·      Nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘alamin:  Lurus dan tegas (I’tidāl)

 

8.      Membina warga madrasah yang unggul dalam prestasi akademik dan non akademik

Representasi dari:

·      Visi: Terampil

·      Elemen Profil Pelajar Pancasila: Berkebinekaan Global, Mandiri, Kreatif

·      Nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘alamin: Keteladanan (qudwah), Dinamis dan inovatif (tathawwur wa ibtikâr)

 

9.   Mencetak sumber daya manusia yang kreatif, inovatif, memiliki keterampilan dan berdaya guna melalui IPTEK sebagai bekal untuk berkompetisi di era globalisasi

Representasi dari:

·      Visi: Terampil

·      Elemen Profil Pelajar Pancasila: Berkebinekaan Global, Mandiri, Kreatif

·  Nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘alamin: Keteladanan (qudwah), Dinamis dan inovatif (tathawwur wa ibtikâr)

 

By Ace Syaripudin
http://maalfalaahiyyah.madrasah.id/2017/06/visi-misi-ma-al-flaahiyyah.html

Post a Comment

Berikan komentar yang membangun.
Terimakasih!